Cara Membuat NPWP Online Bagi Penduduk Indonesia

Cara Membuat NPWP Online Bagi Penduduk Indonesia

funknchunk – Nomor Pribadi Wajib Pajak atau NPWP merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh warga negara Indonesia. Bisa dibilang NPWP adalah sebuah dokumen penting yang digunakan untuk menunaikan berbagai kewajiban terkait pajak seseorang atau badan usaha atau lembaga. Cara membuat NPWP online sekarang membuat proses pembuatan dokumen tersebut lebih mudah. 

Menurut UU No. 28 Tahun 2007, dokumen berupa NPWP tersebut dicetak oleh pihak Ditjen Pajak untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran. Bahkan dokumen yang satu ini sama pentingnya dengan KTP atau Kartu Tanda penduduk. Nah, karena sekarang sudah serba di-digitalisasi, kamu pun bisa melakukan proses pendaftaran dokumen ini secara online. 

Langkah-Langkah Membuat NPWP Secara Online

Sama halnya seperti membuat KTP, Anda harus mengunjungi berbagai pihak tertentu untuk bisa melakukan proses registrasi dokumen NPWP. Namun berbeda dengan proses pembuatan NPWP, Anda bisa melakukannya secara daring, akan tetapi tetap harus mengirimkan berkas ke alamat tertentu. Berikut ini langkah mendaftarkan diri sebagai pemegang kartu NPWP yang sah : 

  1. Buat akun : terlebih dahulu Anda harus mengunjungi website https://ereg.pajak.go.id, setelah itu lakukan pendaftaran akun. Untuk bisa registrasi akun, Anda harus memasukkan email pribadi beserta kode captcha yang terpampang di layar. Setelah itu, ikuti berbagai arahan yang dikirimkan pada email-mu. 
  2. Isi formulir : setelah akun email Anda aktif, Anda bisa melakukan pengisian formulir pendaftaran dokumen NPWP melalui form yang tersedia. Kategori wajib pajak yang bisa Anda daftarkan yaitu NPWP Pusat (bagi yang belum menikah) dan NPWP Cabang (bagi yang sudah menikah). 
  3. Lengkapi berbagai persyaratan : berbagai dokumen yang menjadi persyaratan sah untuk mendaftarkan diri sebagai pemegang NPWP harus di-scan atau dipindai melalui alat scanner. Berbagai dokumen yang dikirimkan pun harus sesuai dengan persyaratan wajib pembuatan dokumen NPWP sesuai dengan klasifikasi di atas. 
  4. Lakukan pengiriman dokumen : Anda harus melakukan pengiriman dokumen ke pihak Ditjen pusat melalui website tersebut. Caranya, setelah proses unggah dokumen berupa soft file sukses, Klik tombol “Token” untuk mendapatkan nomor Token (nomor verifikasi yang akan dikirim melalui email), masukkan token pada kolom, tekan kirim untuk send document

Setelah berbagai proses di atas Anda lakukan, Anda bisa menunggu beberapa waktu agar bisa mendapatkan persetujuan pihak Direktorat Jenderal Pajak pusat di Jakarta. Setelah proses pendaftaran kartu NPWP disetujui, Anda akan mendapatkan kiriman dokumen berisi kartu NPWP pribadi atau milik perusahaan seperti yang Anda butuhkan. 

Baca Juga : Cara Bikin Slime Mudah Hanya dengan Bahan-bahan Rumahan

Dengan mengetahui cara membuat NPWP online seperti yang telah kami jelaskan di atas, Anda tidak usah repot datang ke kantor pelayanan pajak untuk membuat dokumen. Selain itu Anda juga bisa menghemat waktu, energi, serta tenaga jika mendaftar secara daring. Semoga bermanfaat!

Tags: , ,