Cara Membuat Diagram di Excel

Cara Membuat Diagram di Excel

funknchunk.com – Dalam suatu perusahaan maupun bisnis. Pencatatan terkait keuangan, atau biaya pemasukkan sangat penting ditampilkan. Jika pencatatan terlalu banyak maka akan sangat sulit untuk membacanya. Dalam hal nya, pencatatan tersebut dilakukan oleh seseorang yang dinamakan Akuntan. 

Ilmu Akuntansi tidak luput dari system hitung-menghitung angka dan bilangan. Maka dari itu, sebagai seorang Akuntan perlu lah membuat pengelompokkan bilangan atau gambar agar total pemasukkan dan pengeluaran pada perusahaan dapat terlihat.

Apa itu Akutansi?

Apakah Anda mengetahui pengertian akutansi? Akutansi merupakan suatu proses mencatat pengeluaran dan pemasukkan mengelompokkan, mengolah, mencatat transaksi, mencatat laba untung maupun rugi, mengelompokkan laporan keuangan sehingga data itu dapat digunakan perusahaan bisnis maupun jasa untuk mengambil suatu keputusan. 

Gambaran diagram sebagai dalam laporan keuangan. Apakah Anda mengetahui bagaimana cara membuat diagram excel? Diagram exel ini dibuat sebagai data keuangan perusahaan agar menjadi lebih mudah untuk dibaca. Anda akan mengetahui Cara membuat Diagram di Excel 2010. Jadi, simaklah step berikut:

Excel versi 2010

Jika Anda memakai Excel versi lawas, misal 2010an, Artikel ini mengajarkan membuat diagram dengan excel 2010. Berikut Step yang akan dilakukan:

  • Masuk ke aplikasi bergambar silang berwarna hijau, lalu carilah “file” deretan sub kategori bagian atas. Klik “New” Anda akan membuka lembaran baru.
  • Input Data Anda dengan mentransfernya dari catatan manual. Masukkan dan sejajarkan setiap-setiap data yang di input. Contoh: Nomor diisi dengan bilangan 1 sampai 5, nama diurutkan ke bawah, urutkan tanggal/tahun dengan isian 2010 sampai 2015 ke bawah. mulailah mengurutkan dari atas hingga ke bawah.
  • Saat memasukkan data angka, gunakan lah rumus untuk membantu melakukan perhitungan total pada data. rumus sangat diperlukan jika Anda menggunakan perhitungan dengan persentasi.
  • Caranya, sorot lah satu baris kolom angka, klik tulisan (fx) pada bagian atas huruf halaman. Anda akan menemui Sum, Average, And, Not, Or, Single If, Multi If, Areas…. Bagi perhitungan angka, pilih lah SUM (Menjumlahkan).
  • Mulai lah Sejajarkan menjadi horizontal, lalu cari “Insert” yang terletak di deretan “file” klik lah tulisan Column bergambar kotak tak sejajar. Anda dapat memilih diagram di dalamnya dan diagram grafik sudah selesai dibuat.

Mencari Jenis-Jenis Grafik

Kita dapat menemukan berbagai pilihan grafik yang sudah didesain oleh Microsoft Excel 2010, caranya:

  • Dari sederet grafik yang ada di Insert, pilihlah “Bar”. Pilihan tersebut menampilkan grafik batang persegi maupun kerucut bersudut horizontal. Batang ini juga bisa dibedakan berdasarkan warna nya, contohnya: dalam membuat total penjualan, grafik ini membedakan panjang batang dengan angka yang sudah ditentukan, warna juga bisa di custom.
  • Kedua, Line atau garis. Grafik ini biasanya digunakan perusahaan besar untuk mencatatkan harga saham. Ini mempermudah investornya dalam menentukan pembelian saham.
  • Ketiga Scatter, Grafik sebar ini merupakan penghubungan titik antara sumbu x dengan y seperti line. Bedanya, Scatter tidak memiliki garis. Anda bisa menambahkan garis dengan melakukan custom pada Scatter.
  • Bagan lainnya, Anda dapat memilih tipe-tipe grafik yang sesuai dalam menunjukkan persentase data keuangan.

Baca Juga : Obat Batuk Kering dan Gatal untuk Dewasa dengan Bahan Alami

Itulah cara membuat Diagram di Excel 2010 di Komputer yang dapat diterapkan saat membuat laporan keuangan.

Tags: , ,